Senin, 25 April 2016

Resep Kue - Bikin Donat Sederhana Renyah Dan Legit

Resep Kue - Kue Donat yang memiliki bentuk bulat dan bolong ditengahnya ini memang menjadi salah satu kue favorit sebagai teman kudapan dikala sore ataupun pagi hari sebagai pengganti sarapan.

Resep Kue - Bikin Donat Sederhana Renyah Dan Legit

Donat adalah makanan yang berasal dari eropa namun sangat digemari oleh banyak orang di Indonesia, barangkali kue donat ini adalah peninggalan jaman belanda dulu yang resepnya diwariskan kepada nenek moyang kita sehingga bisa tetap lestari keberadaanya ditengah-tengah kita hingga saat ini.

Biasanya kue donat disajikan pada pagi hari ataupun sore hari sebagai teman kudapan sambil minum kopi atau teh. tentunya donat yang empuk dan legit akan menambah kenikmatan suasana dikala santai bersama keluarga dan teman-teman.

Nah berikut ini resep dan cara membuat kue Donat yang empuk dan legit yang bisa kita praktekan untuk mengisi waktu luang kita.

Bahan Bahan Membuat Donat
  • 500 gram tepung terigu
  • 250 gram kentang
  • 250 gram mentega
  • 4 butir telor
  • 4 sendok makan gula
  • 3 sendok makan susu bubuk full cream
  • 10 gram ragi instan
  • 1 sendok teh baking powder
  • Air 100 ml
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

CARA MEMBUAT DONAT :

Rebus kentang sampai matang, Setelah matang, haluskan kentang dengan cara ditumbuk, sampai halus merata.

Campur kan tepung terigu, telur, susu bubuk, gula, ragi, baking powder dan juga kentang yang telah dihaluskan tadi. Aduk selama sekitar 20 menit sampai adonan rata.
Aduk kembali adonan menggunakan alat pengaduk sampai setengah kalis/tidak lengket lalu dibiarkan selama 30 menit sampai adonannya mengembang.

Masukkan garam, mentega, dan air lalu aduk selama 10 menit hingga benar-benar kalis/tidak lengket. Lalu adonan dibagi menjadi beberapa bagian dan diamkan selama 15 menit. Tunggu sampai adonan benar-benar mengembang.

Setelah itu, adonan dibentuk dengan lubang ditengahnya, atau sesuai selera anda. Goreng adonan donat dalam api kecil sampai warnanya berubah kecoklatan. Gunakan capit kue atau tongkat kecil ketika menggoreng donat agar lingkaran donat terlihat sempurna. agar hasilnya bagus, adonan donat digoreng dengan api kecil saja dan minyak goreng yang cukup banyak agar donat mengambang dan tidak menyentuh dasar wajan. setelah donat berwarna kecoklatan segera angkat dan tiriskan diatas kertas koran untuk menyerap minyak.

Sampai disini proses pembuatan Kue Donat Sederhana telah selesai, jika ingin rasa manis tinggal kita guling-gulingkan saja diatas gula halus atau bisa juga ditambahkan mentega dan ditaburi mesis. hmmm.... disajikan dikala hangat tentunya akan menambah suasana keceriaan bersama keluarga. bagaimana, cukup mudah bukan ? selamat berkreasi !



Artikel Terkait

Resep Kue - Bikin Donat Sederhana Renyah Dan Legit
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email