Kamis, 05 Mei 2016

Resep Es Teler Spesial Untuk Menu Buka Puasa

Resep Masakan Sederhana - Es Teler adalah jenis minuman yang berisi beberapa buah yang dicampur dengan air dan gula serta diberi tambahan susu dan es batu.



Saat berbuka puasa memang paling pas bila diawali dengan minuman yang segar untuk membasuh tenggorokan yang terasa kering, apalagi saat siang hari begitu terik, minuman yang dingin dan segar tentunya sangat ingin kita teguk saat itu juga. akan tetapi pada bulan puasa kita mesti bersabar hingga menjelang adzan maghrib tiba, nah saat bunyi bedug sudah berkumandang minuman berupa es yang menyegarkan akan terasa begitu nikmat sebagai pembuka menu puasa.

Es teler biasanya banyak kita jumpai dipinggir-pinggir jalan terutama saat siang hari, namun bila dibulan puasa para pedangang Es Teler mulai menjual danganganya selepas waktu asar atau sore hari. dan biasanya untuk membeli kita harus antri cukup lama karena saking banyaknya yang menyukai minuman ini sebagai menu berbuka puasa.

NAh, daripada capek antri dan belum tentu juga kebagian tidak ada salahnya kita mencoba untuk membuatyna sendiri dirumah, karena tentu selain lebih murah juga lebih sehat tentunya karena semua bahan dan juga proses pembuatannya higienis dan terjaga kebersihannya, berikut bahan dan cara membuat Es teler sendiri dirumah.

Bahan

2 buah alpukat, ambil dagingnya lalu potong kecil kecil atau sesuai selera.
1 buah kepala muda, ambil dagingnya
10 biji nangka, ambil dagingnya saja dan potong menjadi 5 bagian.
200 gr cincau hitam atau hijau
1/2 kaleng susu kental putih atau 3 kemasan sachet
500 ml santan
150 gr gula pasir.
100 ml air.
2 helai daun pandan
Es serut (secukupnya)
Nata de coco
agar – agar

Cara Membuat Es Teler :

pertama, rebus santan bersama daun pandan sampai mendidih lalu aduk sebentar kemudian diamkan hingga dingin.

Buat campuran air dan gula dalam panci kecil dan rebus hingga mendidih sambil diaduk agar gula larut lalu Diamkan sampai dingin.

Cara penyajian :

masukkan es serut, nangka, agar – agar, cincau, nata de coco, alpukat, dan daging buah kelapa muda kedalam mangkuk lalu Siram dengan air gula, santan, tambahkan lagi es serut diatasnya dan yang terakhir tambahkan susu diatasnya. Es teler pun siap untuk dihidangkan. ( baca juga : membuat Es Campur Sederhana )

Bila dihari biasa, Es teler spesial ini sangat cocok diminum saat siang hari dikala cuaca panas atau juga cocok diminum saat selesai berolahraga. tentu rasa buah yang segar dan juga manis dengan serutan es batu diatasnya membuat badan kembali segar bugar.

Nah itulah cara membuat sendiri Es Teler spesial yang nikmat dan segar yang sangat cocok sekali dijadikan sebagai menu untuk berbuka puasa yang sebentar lagi akan tiba.

Artikel Terkait

Resep Es Teler Spesial Untuk Menu Buka Puasa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email