Jumat, 20 Januari 2017

Bikin Ayam Goreng Gurih Dengan Bumbu Pedas Manis

Recipetweaker - resep cara membuat ayam goreng yang gurih dengan bumbu rasa pedas dan manis. hmm, tentunya masakan ayam goreng gurih ini akan terasa nikmat bila disantap dengan nasi putih hangat dan sayur asam saat cuaca terik atau siang hari. lantas, bagaimana cara membuatnya ?

Bikin Ayam Goreng Gurih Dengan Bumbu Pedas Manis

Olahan masakan berbahan daging ayam memang seakan tidak ada habisnya mengingat daging ayam merupakan salah satu makanan favorit karena rasanya yang terkenal gurih serta teksturnya yang kesat dan lembut. tak heran jika daging ayam terasa nikmat meski dimasak dalam bentuk apapun seperti di jadikan ayam bakar, ayam goreng ataupun di campur dengan sayuran seperti sup ayam.

Nah kali Recipetweaker akan menyajikan salah satu resep masakan tentang olah daging Ayam Goreng yang gurih dengan rahasia rasa manis dan pedas yang bersumber dari dapur para koki restoran ternama. sudah penasaran, mari kita simak bahan-bahan apa saja yang diperlukan berikut dengan cara membuatnya.

Resep Ayam Goreng Gurih Manis Pedas

Bahan-bahan yang diperlukan adalah :

500 gram daging ayam
1 buah jeruk nipis untuk lumuran ayam
1 sdm saus tiram
5 sdm kecap manis
½ sdt garam
½ sdt merica
1 sdt kecap asin
100 ml air
minyak goreng seperlunya untuk menggoreng ayam dan menumis bumbu.
Haluskan bumbu bumbu dibawah ini :
4 siung bawang putih
5 butir bawang merah
4 cm jahe
10 buah cabe rawit merah

Sementara itu, bahan Bumbu unutuk ditaburkan diatasnya adalah :

1 buah bawang bombay diiris memanjang
3 butir bawang merah diiris tipis
2 siung bawang putih diiris tipis
1 batang daun bawang diiris serong
5 buah cabe keriting merah diiris tipis
5 buah cabe rawit hijau atau merah diiris tipis

Kemudian cara memasaknya adalah sebagai berikut ini :

pertama-tama Potong-potong dahulu daging ayam sesuai dengan selera. selanjutnya dicuci hingga bersih di bawah air yang mengalir kemudian bunda lumuri dengan air perasan jeruk nipis terlebih dahulu lalu didiamnkan kurang lebihnya sekitar 15 menit. selanjutnya, Goreng dalam minyak panas hingga matang, angkat lalu ditiriskan.

Kini saatnya menyiapkan bumbunya, caranya adalah tumis terlebih dahulu bawang bombay dan bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum. kemudian Masukkan air secukupnya, kecap inggris, saus tomat, garam, penyedap dan merica serta aduk rata. selanjutnya tuang daging ayam yang telah diforeng tadi kedalam wajan, aduk rata dan masak hingga mendidih. campurkan kecap manis, daun bawang dan tomat lalu biarkan sampai kuahnya mengental dan menyerap ke daging. matikan api, angkat lalu siap untuk sajikan. Apabila ingin terasa lebih pedas bisa disajikan dengan irisan cabe rawit saat penyajian.

Bagaimana, cukup mudah bukan dalam membuat Ayam goreng gurih rasa manis pedas diatas? silahkan bunda praktekan resep ini dirumah dan dijamin anggota keluarga akan semakin betah dirumah. selamat mencobanya ya Bun...

Menu diatas akan sangat cocok bila dihidangkan saat makan siang dengan ditemani minuman yang dingin seperti es kelapa muda gula batu ini. tentu akan terasa segar dan fresh, serta terjamin kesehatannya karena dibikin oleh bunda sendiri dirumah.




Artikel Terkait

Bikin Ayam Goreng Gurih Dengan Bumbu Pedas Manis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email